RSS

Pages

"Jenis-Jenis Musik Indonesia"


1335524359477977428

 Musik adalah suara yang dihasilkan oleh alat musik dan kemudian disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama dan keharmonisan. Menurut Om Wiki, musik sudah dikenal beribu-ribu tahun yang lalu. Pada mulanya, musik digunakan sebagai ekpresi kesedihan dan kegembiraan, musik juga digunakan sarana terapi terhadap penyakit-penyakit tertentu, dan musik juga terkadang digunakan sebagai ritual keagamaan, dan sekarang musik berkembang menjadi industri hiburan terbesar di dunia.
Musik secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok (genre) yaitu: musik seni (mencakup musik klasik), musik populer (mencakup musik pop, rock, jazz, blues, gospel, ska, regee, uderground, dsb), dan musik tradisional (di Indonesia seperti keroncong, marawis, gambang kromong, dsb).
Setiap genre pada aliran-aliran musik tersebut mempunyai beberapa sub genre. Seperti, Musik pop mempunyai sub genre: K-pop (korean pop), Mandopop (mandarin pop), dsb. Musik rock mempunyai sub genre: rock n roll, soft rock, alternative rock, punk rock, dan lain sebagainya. Begitupun aliran-aliran musik lain seperti blues, regee, dan lain sebagainya mempunyai sub genre yang bermacam-macam.
Di Indonesia, musik adalah hiburan yang paling diminati dan acara-acara seperti pesta perkawinan, launching (peluncuran) produk, kampanye, dsb selalu diselingi dengan acara musik. Acara musik di televisi Indonesia terbagi menjadi 2, yaitu:
- Acara Musik Pagi, seperti Dahsyat, Inbox, Mantap, dan lain sebagainya. Acara musik ini menampilkan musik-musik yang sudah populer di Indonesia dan biasanya musiknya dimainkan secara lip sync (lip syncronization/menyesuaikan bibir). Acara musik ini biasa diramaikan dan dinikmati oleh kalangan ‘tertentu’ saja.
- Acara Musik Malam, seperti Radio Show. Acara musik ini menampilkan band-band indie yang kurang populer dikalangan umum walapun penggemar musik indie jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Acara musik malam ini dimainkan secara live (langsung) dan animo penonton terhadap acara ini cukup positif. Acara ini dinikmati oleh banyak kalangan baik dari kalangan awam maupun kalangan orang-orang yang ngerti musik, baik tua maupun muda.
Dengan banyaknya acara musik yang menampilkan aliran (genre) musik yang berbeda tentu bisa menambah khazanah permusikan di Indonesia, dengan demikian Industri musik di Indonesia bisa tetap eksis di negeri sendiri dan mudah-mudahan bisa merambah ke dunia internasional.

Sumber : http://hiburan.kompasiana.com/musik/2012/04/27/jenis-jenis-musik-indonesia-458043.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar